Tempat Wisata Kota Metro

Gedung Sessat

Gedung Sessat merupakan sarana pengembangan kebudayaan di Kota Metro, selain tempat pelaksanaan acara Gawi Adat, Gedung Sessat dapat juga dipergunakan sebagai tempat Resepsi, Seminar dan acara lainnya. Gedung ini terbuka untuk umum.

Taman Merdeka

Taman Merdeka yang terletak di jantung kota merupakan kebanggaan masyarakat Metro, selain memperindah kota, Taman Merdeka juga merupakan taman hiburan, sebagai tempat bermain anak-anak dan tempat seni lukis dan lainnya.

Stadion Tejosari Dan Kolam Renang

Terletak disebelah Timur Kota Metro ? 5 Km. Terdapat fasilitas Olahraga lapangan sepak bola dan kolam renang. Selain itu tempat ini sering digunakan untuk acara-acara Ceremonial Pemerintahan.

Perpustakaan

Sesuai dengan salah satu visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan maka dibangunlah Gedung Perpustakaan, yang letaknya sangat strategis di pusat kota sehingga memudahkan bagi pelajar maupun masyarakat umum untuk datang dan membaca di Perpustakaan Kota Metro. Gedung perpustakaan tersebut terletak di Jalan Ade Irma Suryani Nasution yang berdekatan dengan perkantoran dari sekolah-sekolah di Kota Metro.

Sekilas Kota Metro

Kota Metro semula merupakan ibukota Lampung Tengah, namun sejak terpecahnya kabupaten ini menjadi beberapa kabupaten dan kota, maka Metro berubah status sebagai kota dan tidak lagi menjadi ibukota Lampung Tengah. Metro merupakan salah satu kota besar di Lampung di samping Bandar Lampung dan Kotabumi.
Semula kota ini berkembang dari adanya Program Transmigrasi dan pembukaan lahan oleh Pemerintah Kolonial Belanda yang terletak antara daerah bukaan Trimurjo dan Pekalongan sekarang. Pada masa itu, Metro atau Meterm merupakan tempat pemukiman para transmigran dari Pulau Jawa dalam rangka pembukaan irigasi dan persawahan yang dilakukan Pemerintah Kolonial Belanda. Karena merupakan daerah transmigran, maka penduduk Metro terdiri dari berbagai suku.
Kota Metro terbentuk dari hasil pemekaran Wilayah Lampung Tengah berdasarkan Undang-Undang No.12 Th.1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Metro yang diundangkan pada tanggal 20 April 1999 dan diresmikan pada tanggal 27 April 1000 di Jakarta

Air Terjun Di Lampung Utara

Air Terjun Curup Indah terdapat di Dusun Gunung Klawas Desa Pekurun Kecamatan Abung Barat dengan jarak tempuh :
• Dari Ibukota Kecamatan (Ogan Lima) ? 22 Km.
• Dari Ibukota Kabupaten (Kotabumi) ? 30 Km.
• Dari Ibukota Propinsi (Bandar Lampung) ? 140 Km.

Air Terjun Curup Selampung

Terdapat di Dusun Olak Nila Desa Gunung Betuah Kecamatan Abung Barat dengan jarak tempih :
• Dari Ibukota Kecamatan (Ogan Lima) ? 10 Km.
• Dari Ibukota Kabupaten (Kotabumi) ? 35 Km.
• Dari Ibukota Propinsi (Bandar Lampung) ? 145 Km.

Dialokasi Obyek Wisata Alam ini terdapat 2 air terjun :
1. Memiliki ketinggian terjun ? 12 m. Lebar penampang air ?15 m. Di bawah air terjun terdapat Goa. Dengan kedalaman air ? 7 m.
2. Memiliki ketinggian terjun ? 20 m. Lebar Penampang air ? 3 m. Air terjun ini ditemukan oleh Alm. SELAMPUNG dari Desa NEGARA SAKTI Kecamatan PAKUON RATU pada tahun 1937.

Air Terjun Curup Gangsa

Terletak di Dusun Tanjung Jaya I Desa KOTA WAY KASUI dengan jarak tempuh :
• Dari Ibukota Kecamata (Kasui) ? 10 Km.
• Dari Ibukota Kabupaten (kotabumi) ? 126 Km.
• Dari Ibukota Propinsi (Bandar Lampung) ? 223 Km.
Air Terjun ini bersal dari Patahan Sungai/Way Tanakas yang mengalir dari Bukit Punggur menuju Desa Tanjung Kurung dan Desa Lebak Peniangan. Air Terjun ini tingginya 50 m, lebar pematang air ? 20 m.

Di samping Obyek Wisata yang ada, masih ada Obyek Wisata Alam yang tak kalah menariknya antara lain :
1. Air Terjun Curup Merai : Desa Tanjung Riang Kecamatan Tanjung Raja.
2. Air Terjun Curup Fajar : Desa Sukamenanti Kecamatan Bukit Kemuning.
3. Air Terjun Bumi Harjo : Desa Bumi Harjo Kecamatan Bahuga.
4. Lebah Hijau : Desa Bumi Harjo Kecamatan Bahuga.
5. Danau lambow : Desa Pagar Dewa Kecamatan Tulang Bawang Tengah.
6. Sumber Air Pans/Belerang : Desa Juku Batu Kecamatan Banjit.
7. Gunung Kubu Hitu : Desa Kubu Hitu Kecamatan Sungkai Selayan.

Sekilas Lampung Utara

Kotabumi merupakan Ibukota Lampung Utara yang terletak pada jalur trans Sumatera, yang menghubungkan Bandar Lampung dengan kota - kota lainnya di Sumatera. Fasilitas wisata dan kota cukup tersedia mulai dari Hotel, Rumah Makan, Telekomunikasi dan angkutan antar kota / propinsi. Kotabumi termasuk salah satu kota besar di Lampung, dimana pada isi kotanya masih dapat kita jumpai rumah - rumah khas daerah setempat berikut kehidupan masyarakatnya.
Kotabumi sebagai derah lintasan / persinggahan cukup strategis terutama mereka yang akan meneruskan perjalanan dari Pulau Jawa ke Sumatera, atau obyek - obyek wisata yang ada di bagian Utara dan Barat Propinsi Lampung. Arsitektur dan kehidupan khas pada beberapa desa masih jelas terlihat seperti didesa Mulang Maya dan beberapa desa lain di Kecamatan Abung Barat dan Timur.

Kabupaten Lampung Utara merupakan salah satu dari 5 (lima) Wilayah Tingkat II dalam Propinsi Lampung berpenduduk lebih kurang 1.393.787 jiwa berdasarkan hasil sensus Penduduk Tahun 1990, dengan luas wilayah 14.418,10 km? atau 40,2 % dari luas Propinsi Lampung. Secara administrasi, Lampung utara berbatasan dengan:

Sebelah Utara : Berbatasan dengan Propinsi Dati I Bengkulu
Sebelah Timur : Berbatasan dengan Laut Jawa
Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat
Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Selatan
Secara hidrologi, Kabupaten Lampung Utara terdapat banyak sungai-sungai yang mengalir dari barat ke arah timur yang rendah, seperti Way Tulang Bawang, Way Mesuji, Way Rarem, Way Umpu, Way Tahmi, Way Kanan, Way Kiri, Way giham, Way Besai.

Danau Di Lampung Timur

Danau Kemuning

Danau Kemuning terletak di Desa Srimenanti di Kecamatan bandar Sribhawono, berjarak kurang lebih 60 km dari Bandar Lampung atau 50 km dari Sukadana. Aksebilitas menuju objek wisata ini cukup baik dan lancar.

Danau Kemuning memiliki nuansa alam yang sejuk dengan penampakan air yang bening, dan diyakini air danau ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan bagi mereka yang menggunakan air tersebut unuk keperluan mandi, dapat segera menemukan jodoh. Selain dapat menikmati keindahan dan kesejukan alam yang memiliki karakteristik tersendiri, di objek wisata ini para wisata-wan dapat melakukan kegiatan memancing, lintas alam dan lain- lain.

Danau Way Jepara

Danau ini terletak di kecamatan Way Jepara kabupaten Lampung Timur yang jaraknya lebih kurang 70 km dari Bandar Lampung atau 50 km dari kota Sukadana dan15 km dari Taman Nasional Way Kambas.

Danau Way Jepara merupakan salah satu danau wisata yang memiliki panorama pemandangan alam yang indah jalan umum. Danau ini memiliki nuansa alam yang masih asli dengan air danau yang jernih. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bersantai, memancing, naik perahu dan petualangan alam. Fasilitas yang tersedia adalah tempat pemancingan dan Perahu Danau.

Kawasan ini merupakan salah satu pusat kegiatan perkemahan yang kerap digunakan, mengingat fasilitas sudah cukup lengkap, termasuk toko-toko yang menyediakan cinderamata, seperti ukiran gajah, anyaman bamboo dan lain-lain.

Danau Beringin

Danau ini terletak di kecamatan Sukadana Ibukota Kabupaten Lampung Timur yang jaraknya lebih kurang 700 m dari jalan umum. Danau ini memiliki nuansa alam yang masih asli dengan air danau yang jernih. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bersantai, memancing, naik perahu, dan petualangan alam. Fasilitas yang tersedia adalah Tempat Pemancingan dan Perahu danau.

Sekilas Lampung Timur

Kabupaten Lampung Timur terletak di bagian bawah timur dari Propinsi Lampung, yang berjarak kurang lebih 80 km dari Bandar Lampung ibukota propinsi Lampung dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat selama 90 menit. Kabupaten Lampung Timur dengan ibukotanya Sukadana memiliki luas wilayah 5.325,03 Km2 dengan jumlah penduduk sekitar 869.428 jiwa yang tersebar di 23 kecamatan dan terdiri dari berbagai macam suku, antara lain Lampung, Jawa, Bali, Sunda dan lain-lain. Kabupaten Lampung Timur merupakan bagian dari Propinsi Lampung yang termasuk dalam "Wilayah Tujuan Wisata C" dalam strategi pengembangan wisata nasional bersam-sama dengan DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kepulauan Krakatau Lampung Selatan

Krakatau merupakan suatu gugusan kepulauan yang terdiri dari 4 buah Pulau yaitu Pulau Sertung, Pulau Krakatau Besar (Pulau Rakata), Pulau Krakatau Kecil (Pulau Panjang) dan Pulau Anak Krakatau yang muncul ditengah ketiga Pulau lainnya pada tahun 1927 atau 44 tahun setelah letusan dahsyat yang mengguncang dunia pada tahun 1883.

Diantara keempat Pulau tersebut, saat ini yang yang masih aktif sebagai Gunung Berapi adalah Pulau Anak Krakatau. Krakatau merupakan kepulauan yang tidak berpenduduk dan kini banyak wisata-wan yang mengadakan pendakian dan penelitian di Pulau Anak Krakatau yang setiap tahun bertambah tinngi. Sisa-sisa letusan dan alam sekitarnya dapat dilihat dari Puncak, terlebih di kala matahari akan terbenam merupakan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Kumpulan Pantai Di Lampung Selatan

Pantai Marina memiliki pemandangan alam yang indah dengan batu-batu karang yang bentuknya beraneka ragam. Konon menurut cerita rakyat setempay salah satu batu karang yang disebut batu balai merupakan tempat Pangeran Cindar Bumi menerima tamu. Pantai ini terletak di Kecamatan Sidomulyo atau ? 43 Km dari Bandar Lampung, fasilitas yang tersedia : Pesanggrahan, MCK, play ground dan parkir. Taman rekreasi ini lebih berfungsi sebagai taman hiburan rakyat seperti Pasir Putih, dll. Kondisi ombak relatif besar dan berkarang pada beberapa bagian pantai dan tabir pantai (tidak jauh dari garis pantai) menurun tajam/dalam.

Pasir Putih dan Pantai Pulau Pasir

Pantai Pasir Putih menawarkan pantai dengan pemandangan laut yang menawan. Fasilitas tersedia adalah shelter, toilet, kamar bilas, kapal motor dll. Pantai ini selalu ramai pengunjung pada hari-hari libur. Terletak di Desa Tarahan, 15 Km dari Kota Bandar Lampung pada jalur menuju Bakauheni.

Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bersantai, berenang dan berperahu menuju Pulau Condong Sulah. Bersebelahan dengan taman rekreasi ini adalah Pantai Pulau Pasir. Pantai ini mempunyai fasilitas dan kondisi yang sama dengan pasir putih.

pantai Mutun
Salah satu tempat rekreasi keluarga alternative, berjarak 10 km dari Kota Teluk Betung terletak di desa Sidodadi Kecamatan Padang Cermin dengan menyediakan fasilitas penyewaan perahu untuk menuju pulau-pulau yang berada di depannya.


pantai Onaria
Merupakan pantai yang biasa digunakan masyarakat Hindu Bali untuk melaksanakan upacara keagamaan. Selain itu pula, tempat ini cocok untuk bersantai bagi anda bersama keluarga.


pantai Canti Indah
9 km dari Kota Kalianda, dengan pantai hitam dan goa saungnya merupakan tempat rekreasi keluarga dan remaja.


pantai Suak
Berkelit di tengah himpitan dominasi hiburan pantai, Pantai Suak menawarkan pantai berpasir puih nan asri, jauh dari keramaian kota dan ketenangan yang diinginkan, pantai dengan ombaknya tenang dan panoramanya nan indah.

pantai Sapenan
Pantai yang berpasir putih dan batu karang putih, cukup sempurna untuk kegiatan remaja berkemah dan hiburan keluarga, juga berdekatan dengan Pantai Merak Belatung.

pantai Belebuk
Mungkin anda termasuk orang yang menyukai ketenangan, namun tetap menginginkan keindahan, Pantai Belebuk merupakan salah satu pengakomodasi keinginan anda.

pantai Tanjung Selaki
Terletak 45 km dari Kota Kalianda merupakan tempat rekreasi keluarga dengan pantainya yang bersih dan indah serta alami.

Batu Putih pantai
Pantai yang berpasir dan batu cerdas yang berwarna putih, cukup sempurna untuk kegiatan remaja berkemah dan hiburan keluarga, lokasi berada tidak jauh dari jalan Lintas Timur berada di Desa Keapang Kec. Ketapang.

Kunjir pantai
Bila anda mengelilingi Gunung Rajabasa dan merasa lelah, dapat singgah di sini, sambil menikmati alam laut Gunung Krakatau dari pantai.

pantai Ringgung
Ini masih dalam rangkaian pantai berpasir putih, bila anda berjalan di Lintas Timur dan merasa lelah, dapat beristirahat di pantai ini, selain pemandangannya yang indah dan dapat melihat beberapa pulau di depannya, sedangkan lokasi berada di Desa Ketapang Kecamatan Ketapang.

Air Terjun Di lampung Selatan

Berhubung saya belum pernah ke lampung selatan jadi saya tidak bisa mendiskripsikan tempat air terjun dengan detail tapi saya merekomendasikan tempat ini karna tempat ini sangat indah..karna teman saya yang bersal dari lampung mengatakan pada saya.hheheheheh...mohan maaf..atas kekurangan informasi yang saya sajikan!!!!!!

Air Terjun
Sinar Tiga, dengan tinggi 70 meter tertelatk di desa Pesawahan Indah Kecamatan Padang Cermin Lampung Selatan.
Air Terjun Talang Rabun, dengan tinggi 35 meter
Air Terjun Penyarian, dengan tinggi 35 meter terletak di Padang Cermin ? 40 km dari Bandar Lampung.
Air Terjun Tanah Longsor, dengan tinggi 35 meter terletak di desa Padang Cermin ? 40 km dari Bandar Lampung.
Air Terjun Way Sabu
Air Terjun Siamang (Abah Bewok)
Air Terjun Gunung Tanjung
Air Terjun Talang Teluk


Air Terjun Curug Water
Terletak di Desa Kerinjing Kecamatan Rajabasa, 20 km dari Kota Kalianda, sangat menarik untuk wisata remaja dengan kondisi alamnya yang masih alami dan mempesona.

Air Terjun Guyuran
Terletak di Desa Jondong Kecamatan Rajabasa, 7 km Dari Kota Kalianda, selama 1 jam berjalan kaki dari Desa Jondong. Way Guyuran ini merupakan sungai curam yang mengalir di atas batu.

Air Terjun Tanjung Heran
Berada di atas huan lindung dan di belakang desa dapat ditempuh dengan kendaraan dan berjalan kaki 15 menit dari perkampungan, terletak di Kecamatan Penengahan.

Sekilas Lampung Selatan

Lampung Selatan memiliki berbagai obyek-obyek wisata yang menarik. Sebagian besar adalah merupakan obyek wisata alam yang berupa pantai atau pulau-pulau kecil yang berada di selat Sunda. Di antaranya adalah Gunung Krakatau, Kalianda Resort dengan pasir putihnya dan lain-lain. Akan tetapi anda juga dapat mengunjungi obyek wisata lain yaitu Balai Budidaya Laut di mana selain sebagai obyek wisata juga sebagai pusat penelitian sumber daya laut.

Legenda Lampung Barat

Batu Tapak Si Pahit Lidah ini terletak di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Sukau (37 Km dari Liwa ke arah Sukau). Konon Batu Tapak Si Pahit Lidah ini merupakan tempat bertarungnya dua tokoh mitos Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat sehingga keduanya tewas. Lokasi ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah dipandang mata. Mayoritas penduduk merupakan masyarakat asli sekitar Danau Ranau yang merupakan keturunan dari Kerajaan Pagarruyung dan Seranjang.

Legenda Lampung Barat

Batu Tapak Si Pahit Lidah ini terletak di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Sukau (37 Km dari Liwa ke arah Sukau). Konon Batu Tapak Si Pahit Lidah ini merupakan tempat bertarungnya dua tokoh mitos Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat sehingga keduanya tewas. Lokasi ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah dipandang mata. Mayoritas penduduk merupakan masyarakat asli sekitar Danau Ranau yang merupakan keturunan dari Kerajaan Pagarruyung dan Seranjang.

Pantai,perkebunan dan air terjun Lampung Barat

Pantai Selalau

Pantai Selalau sangat ideal untuk menikmati matahari terbenam. Pantai yang landai dengan pasir putih. Terdapat fasilitas akomodasi dengan arsitektur tradisional yang menyatu dengan alam pantai. Pantai Selatan terletak di Desa Way Redak Krui Kabupaten Lampung Barat atau 37 km dari Liwa.

Pantai Way Manula

Pantai ini berlokasi di Pekon Rata Agung, Kecamatan Lemong. Pantai ini terletak 110 Km dari Liwa ke arah Krui. Temperatur udara rata-rata di pantai ini sekitar 25?C – 33?C. Warna hijau kebiruan pantai ini dengan konfigurasi umum tebing dan bukit merupakan salah satu pemandangan yang indah yang dapat kita lihat di sini. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pantai Way Manula ini antara lain adalah berenang, berselancar, berperahu, menyelam, mengumpulkan kerang, bermain di tepi pantai, piknik, kegiatan rekreasi hutan, mendaki gunung-gunung bebatuan dan studi kelautan.


Pantai Labuhan Jukung

Hamparan pasir putih dan laut biru yang langsung berhadapan dengan Pulau Pisang merupakan panorama alam yang indah. Dari sini kita dapat menikmati saat matahari terbenam (sunset). Pantai ini berlokasi di pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah (dari Liwa ? 35 Km ke arah Krui).

Pantai Way Jambu

Pantai ini terletak di Pekon Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan (dari Liwa ? 60 Km ke arah Krui). Berenang, menyelam, berperahu, berlayar, memancing, berselancar, berjemur, menyusuri pantai, menikmati pemandangan, mengumpulkan barang, piknik dan berkemah dapat dilakukan di Pantai Way Jambu ini. Temperatur udara rata-rata di pantai ini sekitar 25?C – 33?C.

Pantai Tanjung Setia

Pantai ini terletak di Pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan (? 52 Km dari Liwa ke arah Krui). Perpaduan nuansa biru laut dan biru langit dapat kita lihat di pantai ini. Temperatur udara rata-rata di kawasan pantai ini sekitar 29?C – 33?C. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini antara lain berenang, menyelam, piknik, mengumpulkan kerang, berselancar, berperahu dan bersepeda menyusuri pantai.

Air Terjun Way Sepuga

Air terjun ini berada di Pekon Sukarame Kecamatan Belalau sekitar 20 Km dari Liwa ke arah Tanjung Karang. Wisata ini sangat cocok bagi pelancong yang ingin melakukan tracking, menikmati pemandangan alam, berkemah, fotografi, rekreasi mengamati dan menikmati suara burung serta kegiatan penelitian flora dan fauna

Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan

Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan alam bebas, maka air terjun ini menjanjikan petualangan yang mengasyikkan. Dengan vegetasi hutan tropis yang rapat ditingkahi gemercik suara sungai, sungguh merupakan suatu keharmonisan yang indah. Air terjun ini berlokasi di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit (dari Liwa sekitar 20 menit ke arah Krui ditambah jalan kaki selama 3 jam menuju lokasi).

Perkebunan Damar

Damar adalah salah satu produk unggulan dari Kabupaten Lampung Barat. Jenis damar mata kucing adalah salah satu yang langka di dunia dan satu-satunya di Indonesia.

Kebun Damar adalah perkebunan rakyat yang diusahakan secara turun-temurun bahkan ada yang mencapai usia 70 tahun. Lokasi kebun yaitu di sepanjang pesisir Lampung Barat dari selatan sampai utara. Panjat damar adalah salah satu atraksi menarik yang dilombakan pada Festival Teluk Setabas, Pesta Pari-wisata masyarakat Lampung Barat

Arung Jeram

Aliran sungai yang membentur hamparan batu di permukaan Sungai way Besai membentuk jeram-jeram sungai yang asyik untuk diarungi. Sungai ini memiliki kelas II hingga kelas III yang menjadikan Way Besai aman dan layak untuk aktivitas arung jeram. Star point terletak di pekon Sukajaya (63 Km dari Liwa). Disamping itu, di sungai tersebut terdapat Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu menghasilkan listrik sebesar 2 x 45 MW.

Air Terjun Tambak Jaya

Air terjun ini berlokasi di Pekon Tambak Jaya, Kecamatan Way Tenong (dari Liwa ? 49 Km ke arah Tanjung Karang). Luas kawasan air terjun Tambak Jaya ini memiliki luas wilayah 1 Ha. Dengan suhu udara rata-rata 25?C – 28?C dan memiliki konfigurasi berbukit, lembah dan sungai merupakan pemandangan yang pas dan bagus untuk fotografi. Selain menikmati pemandangan air terjun, di sini kita bisa mandi-mandi, bermain air, berenang dan menyelam.

Air Panas Sukaraja

Mata air panas Sukaraja berlokasi di Pekon Sukaraja, Kecamatan Way Tenong (dari Liwa ? 60 Km ke arah Tanjung Karang). Luas kawasan Mata Air Panas Sukaraja ini ? 1 Ha dengan suhu udara rata-rata 25? C – 30? C dan memiliki konfigurasi berbukit, lembah, aliran air serta letupan-letupan air panas. Lokasi ini merupakan lokasi yang pas untuk fotografi. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain berendam air panas dan memiliki pemandangan alam.

Rest Area

Bila sudah merasa lelah dalam perjalanan, kita bisa mampir di tempat peristirahatan umum yang terletak di atas bukit ini. Dari bukit yang terletak di pekon Sindang Pagar yang berjarak sekitar 68 Km dari Liwa ke arah Tanjung Karang, dapat kita lihat pemandangan alam berupa hamparan kebun kopi yang hijau. Selain itu terlihat pula liukan air Sungai way Besai yang merupakan salah satu sungai terbesar di Lampung Barat.

Danau Ranau dan Taman Nasional lampung barat

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah danau Toba, terletak di Desa Lombok, Sukau atau 37 km dari Kota Liwa Ibukota Kabupaten Lampung Barat. Luas danau ini 44 km2 di kelilingi perbukitan dan gunung Seminung. Aktifitas yang dapat dilakukan adalah berperahu, berenang, menikmati udara sejuk dan keindahan alam danau. Cottage terletak di tepi danau bagian utara (Wisma Pusri dan di Banding Agung) di wilayah Sumatera Selatan.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan taman nasional terbesar ketiga di Pulau Sumatera, dengan luas 358.800 ha, membentang dari ujung selatan Propinsi Lampung bagian barat hingga bagian selatan Propinsi Bengkulu.

Di ujung selatan taman nasional ini terdapat Danau Mengkujut yang dipisahkan dengan laut hanya oleh pasir pantai selebar puluhan meter. Sementara bagian tenggara, selatan, dan barat taman nasional ini dikelilingi oleh lautan yaitu perairan Teluk Semangka, Tanjung China, dan Samudera Indonesia.

Sekilas Lampung Barat

Lampung Barat adalah salah satu daerah tujuan wisata yang berada di Propinsi Lampung. Lampung Barat memiliki daya tarik, baik objek wisatanya maupun keramahtamahan penduduknya yang merupakan kekayaan alam yang terkandung di bumi Lampung Barat. Melalui leaflet ini kami mempromosikan potensi wisata yang ada di Lampung Barat, semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan tambahan informasi tentang potensi wisata Lampung Barat. Selamat datang di Bumi Lampung Barat “Sai Betik” dan selamat menikmati alam Lampung Barat.

Kabupaten Lampung Barat secara administratif meliputi 14 kecamatan dan 169 desa. Luas wilayah kurang lebih 4.950,40 Km persegi atau 13,99% dari luas wilayah Propinsi Lampung. Dari luas wilayah tersebut, 57% diantaranya berupa hutan kawasan dan hutan lindung. Sementara 43% sisanya merupakan lahan yang dapat dibudidayakan antara lain untuk pemukiman, dan lain-lain. Secara geografis, Lampung Barat terletak pada koordinat 4?,47?,16-5?,56?,42 LS dan 103?,35?,08- 104?,33?,51 BT serta memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara : Propinsi Bengkulu dan Propinsi Sumatera Selatan.
Sebelah Selatan : Samudera Hindia dan Selat Sunda.
Sebelah Barat : Samudera Hindia
Sebelah Timur : Kab. Lampung Utara, Kab. Lampung Tengah, dan Kab. Tanggamus.

Penduduk Lampung Barat berjumlah 365.999 jiwa, sebagian besar (71,55%) hidup dan tinggal di pedesaan. Pada umumnya mereka mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utama. Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian daerah yang didominasi oleh komoditas perkebunan. Sektor ini menjadi penyumbang terbesar kegiatan ekonomi Lampung Barat, menguasai sebesar 70,97 %. Dari jumlah tersebut 45,37% berasal dari sektor perkebunan.

Dengan dikelilingi pegunungan Bukit Barisan Selatan, Kabupaten Lampung Barat menawarkan cuaca dan udara yang sejuk. Didukung juga kekayaan ekosistem lembah dan pantai serta kehidupan kemasyarakatannya, Lampung Barat memberi banyak pilihan pada pengunjung untuk menikmatai perjalanan.Keragaman objek dan daya tarik wisata yang didominasi alam, diperkaya dengan khasanah seni budaya dan kehidupan kemasyarakatan, menjanjikan beragam kombinasi paket atraksi wisata untuk dieksplorasi. Atraksi utama yang sipa dijelajahi adalah :

Rumah Adat,Pasar Seni Dan Pusat kuliner bandar lampung

Dengan budaya nya yang khas, masyarakat Lampung di wilayah kota Bandar Lampung juga masih memiliki bangunan-bangunan rumah tradisional/adat antara lain :
Rumah tradisional/adat dikampung Ulok Gading, rumah ini merupakan kediaman Pemuka Adat dari salah satu kebandaran dalam struktur adat Lampung Peminggir/Sebatin. Bentuk veranda/teras, tangga rumah, tata letak kamar dan dapur yang khas serta berbagai pusaka/isi rumah diset sebagaimana adanya, sehingga kita dapat melihat/mengetahui dengan jelas dan utuh tentang kekhasan rumah tersebut.
Rumah tradisional/adat di kampung Kedamaian, merupakan rumah peninggalan suatu keluarga besar dari pemuka adat/buay Nuwat Lampung Pubian (Pubian Telu Suku). Pertemuankekerabatan dan musyawarah adat pada waktu-waktu tertentu sering dilaksanakan.
Rumah tradisional Kedatun Keagungan, rumah adat dengan berbagai perlengkapan dan koleksi benda-benda pusaka, bernuansa tradisi yang sangat kental di tengah areal seluas ? 7000 m?. “Museum Hidup” ini terletak di Jl. Sultan Haji – Kota Sepang Bandar Lampung.

Pusat kuliner

Pasar Bambu Kuning adalah pasar tradisional yang terletak di pusat kota yaitu Jln. Imam Bonjol No. 1 Bandar Lampung. Pasar Bambu Kuning sudah terkenal dari dahulu, sebagai tempat belanja murah dengan kualitas barang bersaing.

Pasar Seni

Pasar Seni Bandar Lampung terletak di Lapangan Enggal pada komplek Gelanggang olahraga Saburai, merupakan pusat-pusat kegiatan bagi seniman, terdapat panggung terbuka yang sering dipergunakan menggelar pentas musik, tari dan festival dan pondok-pondok tempat menjual benda-benda hasil kerajinan, lukisan dan makanan khas daerah.
Pasar Seni Enggal merupakan pusat kegiatan bagi seniman dan pusat rekreasi seni kerajinan. Di pasar seni kita dapat menikmati hiburan musik baik tradisional (daerah) maupun Modern dan bagi anda yang ingin membeli cinderamata sebagai kenangan dapat di beli di sini, seperti tas, Ukiran, Lampu, Dompet, Gantungan Kunci, Lukisan dan lain-lain.

Monumen Krakatau

Monumen Krakatau adalah Taman Dipangga yang terletak di Telukbetung menyimpan salah satu bukti sejarah tentang dahsyatnya letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Bukti tersebut adalah sebuah rambu laut pelabuhan Teluk betung kala itu, yang terhempas oleh gelombang Tsunami akibat letusan Gunung Krakatau dan terdampar di Telukbetung Barat ? 1 Km dari lepas pantai. Sebuah monument dibuat didalam taman tepatnya didepan Kantor Polda Lampung . Rambu serupa juga ditemukan di Kelurahan Sukaraja Bandar Lampung.

 
 

Taman Wisata Bumi Kedaton/ Batu Putuk

 Nuansa hijau perkampungan dengan panorama perbukitan. Kawasan ini terkenal sebagai penghasil buah-buahan segar seperti durian, manggis, duku, pisang, dan palawija.Taman Wisata Bumi Kedaton terletak di Kampung Batu Putuk – Teluk Betung Bandar Lampung, 20 menit dari pusat kota. Tersedia fasilitas rekreasi keluarga, rumah khas Lampung bertiang, cocok untuk santai keluarga, pertemuan-pertemuan kecil berorientasi alam, lahan berkemah di sisi sungai yang mengalir di areal Taman Wisata yang berasal dari lereng gunung Betung.
Arena atraksi gajah tersedia bagi pengunjung berikut paket naik gajah di seputar lokasi dengan pawang gajah yang siap melayani Anda, naik kereta gajah, dan lain-lain. Paket khusus tracking gajah kami siapkan bagi pengunjung demikian pula aktivitas berkuda di sekitar lokasi, dan atraksi-atraksi lainnya. Koleksi satwa secara bertahap akan dilengkapi terutama dengan tujuan lebih memperkenalkan kekayaan fauna nusantara, khususnya sumatera.

Museum Lampung

Museum Lampung adalah salah satu tempat kunjungan wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan,penelitian dan rekreasi. Terletak dijalan Z.A Pagaralam 5 Kilometer disebelah utara pusat kota Tanjungkarang dan hanya 400 meter dari terminal bus Rajabasa.Koleksi yang dapat dijumpai adalah benda-benda hasil karya seni, keramik dari negeri Siam dan China pada zaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno pada masa penjajahan Belanda dll. Koleksi-koleksi tersebut berjumlah 2.893 buah meliputi benda-benda Geologi, Belanda,Etnografi,Arkeologis, dan lainnya.Museum Ruwa Jurai dibuka setiap hari kecuali Senin dan Hari-hari Besar. 

Bola Besi Pembuka Lahan

Merupakan peralatan yang digunakan untuk membuka lahan transmigrasi di wilayah Lampung Timur, Raman Utara dan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Seputih Banyak dan Seputih Raman tahun 1953-1956. Cara pengoperasiannya adalah dengan ditarik dua traktor untuk menumbangkan pohon dan semak di areal tanah yang datar. Bola besi kini menjadi koleksi Museum Lampung.
 
 

Museum Lampung

Museum Lampung adalah salah satu tempat kunjungan wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan,penelitian dan rekreasi. Terletak dijalan Z.A Pagaralam 5 Kilometer disebelah utara pusat kota Tanjungkarang dan hanya 400 meter dari terminal bus Rajabasa.Koleksi yang dapat dijumpai adalah benda-benda hasil karya seni, keramik dari negeri Siam dan China pada zaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno pada masa penjajahan Belanda dll. Koleksi-koleksi tersebut berjumlah 2.893 buah meliputi benda-benda Geologi, Belanda,Etnografi,Arkeologis, dan lainnya.Museum Ruwa Jurai dibuka setiap hari kecuali Senin dan Hari-hari Besar. 

Bola Besi Pembuka Lahan

Merupakan peralatan yang digunakan untuk membuka lahan transmigrasi di wilayah Lampung Timur, Raman Utara dan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Seputih Banyak dan Seputih Raman tahun 1953-1956. Cara pengoperasiannya adalah dengan ditarik dua traktor untuk menumbangkan pohon dan semak di areal tanah yang datar. Bola besi kini menjadi koleksi Museum Lampung.
 
 

Kawasan hutan Kota Bandar lampung

Kawasan hutan kota terletak 5 Km arah barat pusat kota Bandar Lampung yaitu pada sebuah lembah di Gunung Betung dengan ketinggian 700 M diatas permukaan laut dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Kawasan ini diperuntukkan bagi para Pecinta Alam, berhawa sejuk dan pemandangan yang indah dengan kegiatan yang dapat dilakukan yaitu lintas alam dan berkemah di sekitar Youth Camp Tahura Gunung Betung.
 
 
 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top