Pantai,perkebunan dan air terjun Lampung Barat

Pantai Selalau

Pantai Selalau sangat ideal untuk menikmati matahari terbenam. Pantai yang landai dengan pasir putih. Terdapat fasilitas akomodasi dengan arsitektur tradisional yang menyatu dengan alam pantai. Pantai Selatan terletak di Desa Way Redak Krui Kabupaten Lampung Barat atau 37 km dari Liwa.

Pantai Way Manula

Pantai ini berlokasi di Pekon Rata Agung, Kecamatan Lemong. Pantai ini terletak 110 Km dari Liwa ke arah Krui. Temperatur udara rata-rata di pantai ini sekitar 25?C – 33?C. Warna hijau kebiruan pantai ini dengan konfigurasi umum tebing dan bukit merupakan salah satu pemandangan yang indah yang dapat kita lihat di sini. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pantai Way Manula ini antara lain adalah berenang, berselancar, berperahu, menyelam, mengumpulkan kerang, bermain di tepi pantai, piknik, kegiatan rekreasi hutan, mendaki gunung-gunung bebatuan dan studi kelautan.


Pantai Labuhan Jukung

Hamparan pasir putih dan laut biru yang langsung berhadapan dengan Pulau Pisang merupakan panorama alam yang indah. Dari sini kita dapat menikmati saat matahari terbenam (sunset). Pantai ini berlokasi di pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah (dari Liwa ? 35 Km ke arah Krui).

Pantai Way Jambu

Pantai ini terletak di Pekon Way Jambu, Kecamatan Pesisir Selatan (dari Liwa ? 60 Km ke arah Krui). Berenang, menyelam, berperahu, berlayar, memancing, berselancar, berjemur, menyusuri pantai, menikmati pemandangan, mengumpulkan barang, piknik dan berkemah dapat dilakukan di Pantai Way Jambu ini. Temperatur udara rata-rata di pantai ini sekitar 25?C – 33?C.

Pantai Tanjung Setia

Pantai ini terletak di Pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan (? 52 Km dari Liwa ke arah Krui). Perpaduan nuansa biru laut dan biru langit dapat kita lihat di pantai ini. Temperatur udara rata-rata di kawasan pantai ini sekitar 29?C – 33?C. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini antara lain berenang, menyelam, piknik, mengumpulkan kerang, berselancar, berperahu dan bersepeda menyusuri pantai.

Air Terjun Way Sepuga

Air terjun ini berada di Pekon Sukarame Kecamatan Belalau sekitar 20 Km dari Liwa ke arah Tanjung Karang. Wisata ini sangat cocok bagi pelancong yang ingin melakukan tracking, menikmati pemandangan alam, berkemah, fotografi, rekreasi mengamati dan menikmati suara burung serta kegiatan penelitian flora dan fauna

Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan

Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan alam bebas, maka air terjun ini menjanjikan petualangan yang mengasyikkan. Dengan vegetasi hutan tropis yang rapat ditingkahi gemercik suara sungai, sungguh merupakan suatu keharmonisan yang indah. Air terjun ini berlokasi di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit (dari Liwa sekitar 20 menit ke arah Krui ditambah jalan kaki selama 3 jam menuju lokasi).

Perkebunan Damar

Damar adalah salah satu produk unggulan dari Kabupaten Lampung Barat. Jenis damar mata kucing adalah salah satu yang langka di dunia dan satu-satunya di Indonesia.

Kebun Damar adalah perkebunan rakyat yang diusahakan secara turun-temurun bahkan ada yang mencapai usia 70 tahun. Lokasi kebun yaitu di sepanjang pesisir Lampung Barat dari selatan sampai utara. Panjat damar adalah salah satu atraksi menarik yang dilombakan pada Festival Teluk Setabas, Pesta Pari-wisata masyarakat Lampung Barat

Arung Jeram

Aliran sungai yang membentur hamparan batu di permukaan Sungai way Besai membentuk jeram-jeram sungai yang asyik untuk diarungi. Sungai ini memiliki kelas II hingga kelas III yang menjadikan Way Besai aman dan layak untuk aktivitas arung jeram. Star point terletak di pekon Sukajaya (63 Km dari Liwa). Disamping itu, di sungai tersebut terdapat Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mampu menghasilkan listrik sebesar 2 x 45 MW.

Air Terjun Tambak Jaya

Air terjun ini berlokasi di Pekon Tambak Jaya, Kecamatan Way Tenong (dari Liwa ? 49 Km ke arah Tanjung Karang). Luas kawasan air terjun Tambak Jaya ini memiliki luas wilayah 1 Ha. Dengan suhu udara rata-rata 25?C – 28?C dan memiliki konfigurasi berbukit, lembah dan sungai merupakan pemandangan yang pas dan bagus untuk fotografi. Selain menikmati pemandangan air terjun, di sini kita bisa mandi-mandi, bermain air, berenang dan menyelam.

Air Panas Sukaraja

Mata air panas Sukaraja berlokasi di Pekon Sukaraja, Kecamatan Way Tenong (dari Liwa ? 60 Km ke arah Tanjung Karang). Luas kawasan Mata Air Panas Sukaraja ini ? 1 Ha dengan suhu udara rata-rata 25? C – 30? C dan memiliki konfigurasi berbukit, lembah, aliran air serta letupan-letupan air panas. Lokasi ini merupakan lokasi yang pas untuk fotografi. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain berendam air panas dan memiliki pemandangan alam.

Rest Area

Bila sudah merasa lelah dalam perjalanan, kita bisa mampir di tempat peristirahatan umum yang terletak di atas bukit ini. Dari bukit yang terletak di pekon Sindang Pagar yang berjarak sekitar 68 Km dari Liwa ke arah Tanjung Karang, dapat kita lihat pemandangan alam berupa hamparan kebun kopi yang hijau. Selain itu terlihat pula liukan air Sungai way Besai yang merupakan salah satu sungai terbesar di Lampung Barat.

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top