Sekilas Lampung Utara

Kotabumi merupakan Ibukota Lampung Utara yang terletak pada jalur trans Sumatera, yang menghubungkan Bandar Lampung dengan kota - kota lainnya di Sumatera. Fasilitas wisata dan kota cukup tersedia mulai dari Hotel, Rumah Makan, Telekomunikasi dan angkutan antar kota / propinsi. Kotabumi termasuk salah satu kota besar di Lampung, dimana pada isi kotanya masih dapat kita jumpai rumah - rumah khas daerah setempat berikut kehidupan masyarakatnya.
Kotabumi sebagai derah lintasan / persinggahan cukup strategis terutama mereka yang akan meneruskan perjalanan dari Pulau Jawa ke Sumatera, atau obyek - obyek wisata yang ada di bagian Utara dan Barat Propinsi Lampung. Arsitektur dan kehidupan khas pada beberapa desa masih jelas terlihat seperti didesa Mulang Maya dan beberapa desa lain di Kecamatan Abung Barat dan Timur.

Kabupaten Lampung Utara merupakan salah satu dari 5 (lima) Wilayah Tingkat II dalam Propinsi Lampung berpenduduk lebih kurang 1.393.787 jiwa berdasarkan hasil sensus Penduduk Tahun 1990, dengan luas wilayah 14.418,10 km? atau 40,2 % dari luas Propinsi Lampung. Secara administrasi, Lampung utara berbatasan dengan:

Sebelah Utara : Berbatasan dengan Propinsi Dati I Bengkulu
Sebelah Timur : Berbatasan dengan Laut Jawa
Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat
Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Selatan
Secara hidrologi, Kabupaten Lampung Utara terdapat banyak sungai-sungai yang mengalir dari barat ke arah timur yang rendah, seperti Way Tulang Bawang, Way Mesuji, Way Rarem, Way Umpu, Way Tahmi, Way Kanan, Way Kiri, Way giham, Way Besai.

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top