Sekilas Kota Metro

Kota Metro semula merupakan ibukota Lampung Tengah, namun sejak terpecahnya kabupaten ini menjadi beberapa kabupaten dan kota, maka Metro berubah status sebagai kota dan tidak lagi menjadi ibukota Lampung Tengah. Metro merupakan salah satu kota besar di Lampung di samping Bandar Lampung dan Kotabumi.
Semula kota ini berkembang dari adanya Program Transmigrasi dan pembukaan lahan oleh Pemerintah Kolonial Belanda yang terletak antara daerah bukaan Trimurjo dan Pekalongan sekarang. Pada masa itu, Metro atau Meterm merupakan tempat pemukiman para transmigran dari Pulau Jawa dalam rangka pembukaan irigasi dan persawahan yang dilakukan Pemerintah Kolonial Belanda. Karena merupakan daerah transmigran, maka penduduk Metro terdiri dari berbagai suku.
Kota Metro terbentuk dari hasil pemekaran Wilayah Lampung Tengah berdasarkan Undang-Undang No.12 Th.1999 tentang Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kota Madya Metro yang diundangkan pada tanggal 20 April 1999 dan diresmikan pada tanggal 27 April 1000 di Jakarta

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top