Sekilas Lampung Barat

Lampung Barat adalah salah satu daerah tujuan wisata yang berada di Propinsi Lampung. Lampung Barat memiliki daya tarik, baik objek wisatanya maupun keramahtamahan penduduknya yang merupakan kekayaan alam yang terkandung di bumi Lampung Barat. Melalui leaflet ini kami mempromosikan potensi wisata yang ada di Lampung Barat, semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan tambahan informasi tentang potensi wisata Lampung Barat. Selamat datang di Bumi Lampung Barat “Sai Betik” dan selamat menikmati alam Lampung Barat.

Kabupaten Lampung Barat secara administratif meliputi 14 kecamatan dan 169 desa. Luas wilayah kurang lebih 4.950,40 Km persegi atau 13,99% dari luas wilayah Propinsi Lampung. Dari luas wilayah tersebut, 57% diantaranya berupa hutan kawasan dan hutan lindung. Sementara 43% sisanya merupakan lahan yang dapat dibudidayakan antara lain untuk pemukiman, dan lain-lain. Secara geografis, Lampung Barat terletak pada koordinat 4?,47?,16-5?,56?,42 LS dan 103?,35?,08- 104?,33?,51 BT serta memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara : Propinsi Bengkulu dan Propinsi Sumatera Selatan.
Sebelah Selatan : Samudera Hindia dan Selat Sunda.
Sebelah Barat : Samudera Hindia
Sebelah Timur : Kab. Lampung Utara, Kab. Lampung Tengah, dan Kab. Tanggamus.

Penduduk Lampung Barat berjumlah 365.999 jiwa, sebagian besar (71,55%) hidup dan tinggal di pedesaan. Pada umumnya mereka mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utama. Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian daerah yang didominasi oleh komoditas perkebunan. Sektor ini menjadi penyumbang terbesar kegiatan ekonomi Lampung Barat, menguasai sebesar 70,97 %. Dari jumlah tersebut 45,37% berasal dari sektor perkebunan.

Dengan dikelilingi pegunungan Bukit Barisan Selatan, Kabupaten Lampung Barat menawarkan cuaca dan udara yang sejuk. Didukung juga kekayaan ekosistem lembah dan pantai serta kehidupan kemasyarakatannya, Lampung Barat memberi banyak pilihan pada pengunjung untuk menikmatai perjalanan.Keragaman objek dan daya tarik wisata yang didominasi alam, diperkaya dengan khasanah seni budaya dan kehidupan kemasyarakatan, menjanjikan beragam kombinasi paket atraksi wisata untuk dieksplorasi. Atraksi utama yang sipa dijelajahi adalah :

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top