Sekilas lampung

Dari peninggalan – peninggalan sejarah dan budaya dalam bentuk patung, pahatan dan corak megalitik yang ditemukan di Sumber Jaya, Kenali, dan Batu Brak menunjukkan bahwa suku Lampung berasal dari sebuah Kerajaan yang bertahta di Lereng Gunung Pesagi yang letaknya di daratan Belalau.

Sejak masuknya Agama Islam di Lampung Barat, Kerajaan Sekala Brak diperintahkan oleh 4 orang umpu yang dinamakan Paksi Pak Sekala Brak, yaitu :

1. Umpu Belunguh, menjadi raja di buay Belunguh dengan ibukotanya Tanjung Menang Kenali.
2. Umpu Pernong, menjadi raja di buay Pernong dengan ibukotanya Hanibung. Dan saat ini yang menjadi raja dari Paksi Pak Sekala Brak adalah Pangeran Dalem Edwarsyah Pernong yang merupakan Kapolres Metro Jakarta Barat,
edwardsyah_pernong1
3. Umpu bejalan Di Way, menjadi raja di Buay Bejalan Di Way dengan ibukotanya Puncak Dalam.
4. Umpu Nyerupa, menjadi raja di Buay Nerupa dengan ibukotanya Tapak Siring.
Setelah kerajaan Sekala Brak runtuh, maka Pohom Melasa Kepapang yang di puja Suku Tumi itu ditebang oleh Paksi Pak Sekala Brak, kemudian dibuat Pepadun yaitu tampat duduk/singgasana tempat Paksi Pak Sekala Brak melantik kepala – kepala suku dan meng-Islamkan mereka.


Festival Teluk Stabas

Festival Teluk Stabas adalah even tahunan yang diadakan di Lampung Barat , Nama Teluk Stabas diambil dari salah satu kawasan Teluk di Krui-Lambar yang menjadi tempat berlabuh kapal Belanda dan asing di sana sejak zaman dulu, sehingga terus digunakan namanya karena telah dikenal kalangan dunia internasional.

Event ini diselenggarakan bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Lambar yang sekaligus menjadi objek wisata unggulan daerah Lampung.

Pembukaan acara ini biasanya di mulai dengan atraksi Tari Sekura (topeng) dan gelar budaya dari 17 kecamatan se-Lampung Barat.

suasana topeng panjat pinan2

Di tengah acara juga ada atraksi paramotor di udara sekitar lapangan itu, termasuk kehadiran belasan turis asing yang ikut menari topeng seperti pada Festival Teluk Stabas ke 10 dimana belasan turis asing dari Australia dan Kanada yang sedang melakukan aktifitas surfing di Tanjung Setia ini ikut menari topeng bersama Gubernur Sjachroedin dan Bupati Lambar Erwin Nizar T, beserta pejabat sipil dan TNI di Lampung dan Lambar.

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top