Hewan langkah indonesia

Satwa nasional nantinya diharapkan dapat berfungsi sebagai identitas nasional yang mampu menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebanggaan nasional bagi setiap warga Indonesia di pergaulan internasional.
Bertepatan dengan hari Tritura ke-27 tanggal 10 Januari 1993 ditetapkan tiga satwa langka sebagai satwa nasional oleh Presiden Republik Indonesia saat itu. Satwa darat komodo (Varanus komodoensis) ditetapkan sebagai satwa nasional, satwa tirta ikan siluk merah (Sclerophagus formosus) sebagai satwa pesona, dan satwa dirgantara elang jawa (Spizaetus bartelsi) sebagai satwa langka.
Tanggal 5 Nopember merupakan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.


Satwa nasional: komodo.

Biawak komodo merupakan satwa darat yang sudah sangat populer di Indonesia, bahkan di mancanegara. Satu hal yang cukup membanggakan bahwa secara alami satwa ini hanya hidup di Indonesia, sehingga seringkali biawak komodo diidentikkan dengan Indonesia.
Klasifikasi selengkapnya dari 'kadal raksasa' ini:
Filum : Chordata
Anak filum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Bangsa : Squamata
Abak bangsa : Sauria
Suku : Varanidae
Marga : Varanus
Jenis : Varanus komodoensis


Satwa pesona: ikan siluk merah.

Ikan siluk merah di kalangan masyarakat Indonesia sudah sangat populer, terutama di kalangan hobiis ikan hias. Sebagai ikan hias, ikan siluk merah mempunyai keistimewaan karena geraknya yang indah mempesona. Selain itu susunan sisiknya yang besar dan mengkilat merupakan daya pikat lain dari ikan hias ini.
Ikan siluk merah termasuk dalam marga Sclerophages, suku Osteoglossidae, dan bangsa Malacopterygii, dengan klasifikasi lengkap:
Filum : Chordata
Anak filum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Anak kelas : Teleostei
Bangsa : Malacopterygii
Suku : Osteoglossidae
Marga : Sclerophages
Jenis : Sclerophages formosus


Satwa langka: elang jawa.

Elang jawa (Spazaetus bartelsi) merupakan satwa dirgantara yang berukuran besar. Burung elang jawa merupakan salah satu spesies dari banyak spesies elang yang dikenal di Indonesia. nama belakang jenisnya, bartelsi, diberikan untuk menghormati orang yang pertama kali meneliti burung ini yaitu Hans Bartels.
Elang jawa termasuk marga Spizaetus, suku Accipitridae, dan bangsa Falconiformes, dengan klasifikasi lengkap:
Filum : Chordata
Anak filum : Vertebrata
Kelas : Aves
Bangsa : Falconiformes
Suku : Accipitridae
Anak suku : Aquilinae
Marga : Spizaetus
Jenis : Spizaetus bartelsi

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top